Minggu, 25 November 2012

perawatan rambut rusak akibat rebonding



Tahukah Anda bahwa gaya rambut dan teknik hair styling seperti rebonding dapat membahayakan rambut kita? Perawatan rambut adalah hal yang penting kita  lakukan untuk mendapatkan kembali serta menjaga kesehatan rambut kita. Setiap orang pasti menginginkan rambut yang indah, sehat, dan berkilau, bukan?
Apabila rambut Anda rusak akibat beberapa hal seperti pewarnaan rambut, pengeritingan, atau  rebonding, Anda mungkin membutuhkan shampo dan produk profesional lain yang bisa meringankan rambut. Bentuk perawatan terbaik untuk rambut rusak tentunya adalah penanganan dan pencegahan. Tapi sebelumnya tentu Anda harus mengerti dulu apa penyebab kerusakannya.
Alat penataan rambut seperti sisir, curling iron, blow dry, dll membuat rambut rusak. Begitu pula dengan bahan-bahan kimia seperti yang ada pada pewarna rambut, pengeriting rambut, pelurus rambut, dsb. Bahan kimia yang terdapat pada kolam renang, yaitu khlorin, dan juga polusi udara dapat pule mmbahayakan rambut. Sinar matahari juga mempengaruhi kondisi rambut, namun tergantung pada seberapa sering dan banyaknya rambut terkena sinar matahari. Diet yang buruk (kurangnya protein dan asam lemak esensial) juga mengarah pada kerusakan rambut.
Bagaimana melakukan perawatan rambut rusak akibat rebonding
Pada dasarnya tidak ada cara cepat seperti sihir dalam memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan rutin dan telaten terhadap rambut Anda. Gunakan perawatan yang alami seperti hot oil treatment. Selain itu dapat pula dilakukan cara perawatan berikut ini agar rambut tidak menjadi semakin rusak
1) Gunakan thermal protector saat menggunakan alat yang bersifat panas.
2) Jangan mengeringkan rambut menggunakan blow dry. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Aplikasikan moisture pada rambut untuk menambah kelembaban.
3) Gunakan kondisioner yang mengandung U.V. protector.
4) Jika ingin menggunakan pewarna rambut, gunakan yang tanpa atau memiliki kandungan ammonia rendah.
5) Jangan pernah menyisir rambut saat basah atau lembab. Serta gunakan sisir yang bergigi lebar ketika ingin menyisir rambut.
6) Hindari terlalu banyak berada pada tempat yang berkhlorin seperti di  kolam renang atau gunakan penutup kepala saat berenang.
7) Pada kondisi rambut kering, mulailah sisir bagian ujung rambut untuk mengurai rambut yang kusut.
8) Jika terpaksa menggunakan blow dry, set pada level yang rendah. Beri jeda waktu pada pemakaian berikutnya dan gunakan blow dry hanya saat benar-benar diperlukan.
9) Makanlah makanan yang kaya protein seperti ayam, ikan, dan kacang.
10) Makanlah makanan yang kaya asam lemak esensial (biasanya terdapat pada bahan-bahan nabati, bukan hewani).

1 komentar: