Minggu, 25 November 2012

Jerawat Batu dan Penanganannya



Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang biasa ditemukan di semua kalangan, terutama remaja. Dari semua jenis jerawat, jerawat batu ini memiliki potensi paling besar untuk merusak kulit. Secara fisik jerawat batu ini terlihat sebagai tonjolan merah yang meradang hebat pada permukaan kulit. Jenis jerawat ini butuh penanganan serius, karena biasanya tidak akan mempan dengan obat jerawat sulfur, retin-A dan benzoyl peroksida sekalipun.
Penyebab :
(1) Genetik: kelenjar minyak ( sebum ) yang over-aktif yg membanjiri pori-pori dgn minyak.
(2) Penumpukan sel-sel kulit mati dan debu, sehingga sel-sel kulit menjadi tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit yang sehat.
(3) Infeksi kuman di permukaan kulit akibat kondisi lemak yang berlebihan.
(4) Hormon: kondisi tubuh saat hamil, haid, mengkonsumsi obat hormonal, memakai alat KB dan stress dapat memincu timbulnya jerawat .
Penyembuhan :
Hal yang dapat di lakukan adalah:
(1)Mengkompres jerawat dengan air teh hangat suhu hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga dapat membantu kulit benafas lebih lega dan teh befungsi untuk melarutkan lemak sehingga dapat menghapus lapisan lemak di permukaan kulit yang merupakan tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat.
(2).Oleskan cream anti iritasi untuk mengurangi peradangan pada jerawat
(3).Lakukan proses 1 dan 2 ini 3-4 x sehari ,jangan memberikan obat jerawat apapun sebelum mata jerawat muncul di permukaan karena selain tidak ada gunanya, hal tersebut akan memperparah peradangan pada kulit.
(4).Jika mata jerawat sudah muncul di permukaan ,bersihkan wajah terutama area jerawat. Buatlah jalan untuk lemak tersebut keluar dari kulit, dengan cara menusuk mata jerawat dengan jarum yang sudah steril. kemudian bantu lemak tersebut keluar cara memencet area sekitar tempat yang di tusuk tadi. Jangan memencet terlalu berlebihan dan memaksa seluruh lemak keluar karena akan memberikan stress pada kulit dan dapat meninggalkan bekas pada permukaan kulit.
Proses ini akan berlangsung berapa kali sampai semua lemak muncul di permukaan dengan sendirinya.**

(5).Setelah proses pengeluaran jerawat bersihan area yang berjerawat dan olesi dengan antiseptik agar tidak terjadi infeksi (gunakan Epoch Blemish Treatment).
(6).Ulangi proses 1-3 bekali-kali sampai jerawat sembuh.
** untuk proses ke 4 jika anda tidak yakin dapat melakukan sendiri,lakukan facial di salon atau ke dokter kulit saat mata jerawat sudah keluar.Mereka akan melakukannya dengan lebih profesional dan higienis sehingga menghindarkan terjadinya peradangan yang belebihan.
Yang perlu dilakukan :
* Hindari makan makanan berminyak
* Hindari stress yang berlebihan
* Menjaga kebersihan kulit ,cuci muka dengan air hangat
* Hindari memencet mencet jerawat atau mengeluarkan mata jerawat dengan paksa karena akan menambah parah peradangan
* Untuk hasil yang lebih cepat konsumsi Tegreen 97 dari NUskin yang 1 kapsulnya setara dengan 7 cangkir teh hijau free kafein.
* Gunakan kosmetika yang berbahan dasar air, sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit
* Gunakan sun block saat keluar rumah pada siang hari karenapapran panas matahari akan menambah parah peradangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar